Sunday 14 February 2016

Pendidikan Sebagai Wujud Awal


Permulaan awal dalam berpendidikan adalah suatu wujud dan terciptanya manusia turun kebumi. Ketika berawal manusia terlahir dan sampai kini ia masih membutuhkan yang namanya dididik dan mendapatkan pendidikan yang layak serta dapat mewujudkan impian serta dapat merangkulnya untuk memasukan karyanya kedalam dunia dengan skill nya masing-masing.

Terutama yang paling utama ialah pendidikan karakter pada anak. Tidak semua orangtua mengajarkan karakter baik atau sebaliknya dengan paksaan akan tetapi salah satu cara ini dapat mewujudkan rasa peduli anak terhadap lingkungan sekitar yang mampu ia bangun nantinya. Pendidikan karakter tercipta karena orang terdekatnya peduli dengannya dan dengan cara ini orangtua berperan aktif didalamnya. Haruskah? Ini sangat diwajibkan, iya harus. Didik anak sedini mungkin dengan karakter yang mencerminkan bagaimana rasanya menjadi baik, sopan terhadap yang lebi tua, dan kemampuan rasa ingin tahu serta peduli terhadap lingkungan.

Pendidikan bukan hanya didalam lingkungan sekolah atau homeschooling melainkan kepedulian orangtua pada anak itu yang paling terpenting. Sebutan yang sangat di sarankan dalam lingkungan keluarga ialah pendekatan orangtua terhadap anak saat usia dini, mengajaknya terbuka dan belajar sopan berbicara kepada sesama teman ataupun berbicara terhadap yang lebih tua dengannya.

Sebagai wujud awal ketika anak berada dirumah, ia lebih leluasa memanjakan dirinya dengan ibu tetapi ketika mereka diluar haruskah kita memanjakannya terus menerus? Nah, begitu saja orangtua harus memperhatikan sekecil apapun karakter anak anda. Ketika disekolah ajarilah mereka caranya berkenalan dengan teman, cara bicara, menatap seseorang yang akan nantinya menjadi teman dan dengan begitu anak tidak perlu takut bahwasanya orangtua dirumah sudah mengajarinya berbicara dengan teman sebaya.


Ketika sekolah juga terkadang tidak mungkin orangtua mengetahui keberadaan anaknya selama disekolah, coba anda dekati wali kelas atau teman dekatnya untuk mengetahui anak anda disekolah seperti apa, perilaku dan karakter yang sangat dibutuhkan. Informasi ini akan membuat anda dan anak lebih terbuka. Ketika anak berbohong maka anda akan tahu sekecil apapun kebohongan yang ia buat selama disekolah.

Ketika ia berbuat salah jangan sekali-kali memukul atau mencubitnya. Perlakuan ini akan membuat anak anda takut pada anda dan nantinya yang sangat membuat kacau pada fikiran di otaknya ialah ia menjadi malas berangkat sekolah. Karena ia tahu, temannya akan mengadu semua kepada anda dan anak anda akan takut dengan hal seperti itu. Jangan membuat anak menjadi kesal dan marah hingga tak mau berangkat sekolah. Pendidikan seperti ini sangatlah salah. Ketika psikis dan psikologi anak terganggu maka disitulah anak mulai menyendiri dan ingin semuanya serba sendiri dan terpuruk ketika semua sudah tak ada yang mempercayainya lagi.

Lakukan dan jadilah pendidik yang baik. Ketika guru disekolah sudah lelah menghadapi anak anda, cobalah mengerti hatinya. Karena hanya orangtua yang mampu mengatasi semuanya dan bisa mendidik yang lebih baik guru disekolah lakukan pada anak anda.

Pendidikan tidak hanya disekolah, sebagai orangtualah yang 70% mendidik anak untuk lebih baik lagi serta pencetakan karakter didalam bagus maka diluar mereka nampak selalu terlihat bagus.

Load Komentar

0 comments