Tuesday 30 May 2017

Mengenal Ikon Menarik di Kota Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia



Indonesia terkenal dengan keramahan masyarakatnya, salah satunya di daerah Istimewa ini yang bernama Kota Yogyakarta.
Lihat ikon-ikon Yogyakarta yang unik yuk!


1. Ikon Tugu Jogja

Sudah kenal dengan tugu bersejarah ini? Tugu ini dijadikan patokan utama kota Jogja yang mengarah pada gunung berapi di kabupaten Sleman. Tugu yang didirikan oleh Hamengkubawana 1, pendiri Keraton Yogyakarta pada zamannya. Tugu yang terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo ini, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Pada saat melakukan meditasi, konon Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak gunung Merapi.


2. Jalan Malioboro


Jalan Maliobor yang terkenal padatnya dan sangat ramai dengan wisatawan turis luar negeri maupun dalam negeri. Ikon kedua ini sangatlah ramai karena berdekatan dengan beberapa pasar disampingnya dan disekitaran jalan malioboro terdapat pedagang kaki lima yang mejajakan beberapa oleh-oleh khas Yogyakarta berupa batik, makanan, dan lain sebagainya. Jalan malioboro ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

3. Titik Nol Yogyakarta



Titik 0 km Yogyakarta adalah sebuah pusat atau titik 0 yang menjadi patokan dalam kota. Beberapa orang menggunakan titik 0 sebagai tempat yang sangat mudah untuk bepergian karena memang terletak ditengah-tengah sebagai ikon kota yang berada di pusat kota.


4. Gunung Berapi



Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.930 m dpl, per 2010) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Gunung Merapi ini sudah menjadi bagian dari Taman Nasional Merapi pada tahun 2004. Ikon yang sangat terkenal di kota Yogyakarta karena gunung ini sudah meletus sebanyak kurang lebih 68 kali teritung dari tahun 1548. Uniknya lagi Gunung ini satu garis lurus dengan Tugu Pal Putih yang telah dijelaskan diatas.


5. Pantai Parangtritis




Pantai Parangtritis terletak 27 km dari selatan kota Jogja. Dekat dan mudah untuk ditemui karena dengan kendaraan pribadi hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit saja. Ikon Pantai yang sangat terkenal se-jagad raya. Karena angin serta pasirnya yang hitam, karena beberapa lava vulkanik dari gunung merapi yang jatuh ke pantai selatan membuat pasir menjadi hitam. Pantai ini juga terletak satu garis lurus dengan gunung merapi dan tugu Jogja. Karena ikon pantai ini menarik cocok hanya untuk berfoto dan menikmati pemandangan, disarankan tidak untuk berenang dikarenakan ombak yang terlalu besar dan tidak menutup kemungkinan seseorang akan terseret arusnya yang dahsyat.


6. Taman Pelangi



Taman Pelangi Yogyakarta merupakan tempat wisata malam yang terletak di Jalan Ring Road Utara, dan berada di lokasi Museum Monumen Yogya Kembali (Monumen Jogja Kembali) Yogyakarta. Taman Pelangi juga adalah ikon yang sangat terkenal karena monumen Jogja kembali terdapat disana dan beberapa alasan penting karena lampu-lampu dan beberapa lampion yang sangat cantik bila malam tiba. Nikmati saat sore hari menjelang malam karena lampu akan dihidupkan pada sore menjelang malam hari. Pemandangan yang sangat membuat penat menjadi hilang.


7. Taman Pintar



Taman Pintar Jogjakarta yang sangat terkenal setiap menjelang liburan sekolah ini selalu ramai dengan pengunjung anak sekolah hingga dewasa. Karena letaknya sangat dekat dengnan titik nol Jogja dan Jalan Malioboro memudahkan para wisatawan yang hadir di kota Jogja. Gedung ini dibangung untuk para anak-anak dan remaja mengenal dunia, dimana isi dari gedung ini merupakan pelajaran yang terdapat disekolah maupun lingkungan mereka. Tetapi, disini mereka diajarkan untuk melihat lebih dekat dan memahaminya lebih dalam. Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif.


8. Gembira Loka



Gembira Loka adalah kebun binatang satu-satunya di kota Yogyakarta yang sangat terkenal, berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta. Gembira Loka Zoo sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta tahun 2006. ikon ini sangat terkenal bila musim liburan sekolah tiba. Karena anda bisa mengajak para putra-putri anda berkunjung melihat burung beo yang dapat berbicara atau beberapa jerapah dan onta disana.


9. Jogja Expo Center



Jogja Expo Center merupakan sebuah pusat konvensi yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Pusat konvensi ini dibangun oleh pemerintah Yogyakarta. Gedung ini seperti gedung serba guna karena setiap acara besar dilakukan selalu saja di gedung ini, JEC. Jec terletak sangat dekat dengan Gembira Loka Zoo.


10. Taman di Sleman



Taman Sleman yang terletak di kabupaten Sleman ini sangat luas. Pasalnya, disana terdapat beberapa mainan serta ruang parkir dan tempat orang berdagang disana seperti pedagang kaki lima yang menjajakan makanan. Karena taman ini cukup luas dan bisa dijadikan ikon yang sangat penting untuk dikunjungi. Tempat yang asri karena masih banyak sekali pepohonan disana membuat sore anda semakin asik.


11. Maguwoharjo Stadion



Stadion Maguwoharjo (dikenal dengan nama Maguwoharjo International Stadium) adalah stadion sepakbola di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, yang juga merupakan markas klub sepak bola PSS Sleman. Stadion ini dibangun pada tahun 2005 dan mengalami pembenahan pada tahun 2007 akibat dari gempa bumi yang terjadi pada 27 Mei 2006. Stadion Maguwoharjo memiliki kapasitas 40.000 tempat duduk. Stadion ini memiliki tipe Stadion Sepak bola Modern dengan konsep “Mini San Siro” dengan ciri khas menara yang terletak di empat penjuru stadion dengan tangga berputarnya. Seperti halnya stadion-stadion modern lain di Eropa terutama di Inggris stadion ini tidak memiliki lintasan atletik sehingga penonton akan lebih nyaman dalam menyaksikan pertandingan.
Stadion ini merupakan ikon yang sangat terbesar di kota Jogja pasalnya, gedung ini dibangun menggunakan dana hingga Rp 100 Miliar.


Kesimpulan :

Beberapa ikon terkenal di Jogja sangatlah banyak namun, 11 dari ini lah yang sangat besar di Kota Yogyakarta. Dengan kata lain, walau kotanya sangat kecil tetapi banyak sekali ikon menarik mata sehingga menjadikan kota ini Istimewa di mata semua orang.
Load Komentar

0 comments